Jumat, 19 Oktober 2012

wireles networking dan terminal


Wireless atau  disebut nirkabel, adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel. Data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu (seperti teknologi infra merah pada remote TV) atau gelombang radio (seperti bluetooth pada komputer dan ponsel) dengan frekuensi tertentu.

Kelebihan teknologi ini adalah mengeliminasi penggunaan kabel, yang bisa cukup menganggu secara estetika, dan juga kerumitan instalasi untuk menghubungkan lebih dari 2 piranti bersamaan. DEalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel. Saat ini teknologi wireless berkembang dengan pesat, secara kasat mata dapat dilihat dengan semakin banyaknya pemakaian telepon sellular, selain itu berkembang pula teknologi wireless yang digunakan untuk akses internet
contohnya:
a. infrared(IR)
b.wireless wide area network (bluetooth)
c. Radio Frequency (RF)
d. wireless personal area network /telepon seluler(GSM/CDMA)
e. wireless lan (802.11)

Cara Kerja Wireless

Wireless LAN menggunakan electromagnetic airwaves(radio atau infrared) untuk mengkomunikasikan informasi dari satu point ke point yang lain tanpa menggunakan physical connection.Datayangditransmisikandi tempatkan pada radio carrier sehingga dapat di extrac secara akurat di penerimaan. Ini pada umumnya menunjuk pada modulasi carrier oleh informasi yang ditransmisikan.

Didalam Konfigurasi wireless LAN pada umumnya, alat transmitter / receiver(transceiver) disebut access point, terhubung pada wired network dari lokasi yang tetap menggunakan pengkabelan yang standar. Minimum,Access point menerima buffer, dan mentransmisikan data antara wireless LAN dan wired network. Single acces point dapat mensupport group pemakai yang kecil dan dapat berfungsi dalam radius lebih kecil seratus atau beberapa ratus feet. Antena acces point biasanya ditempatkan pada tempat yang tinggi atau dimana saja selama dapat mengcover sinyal radio. Pemakai mengakses wireless LAN melalui wireless LAN adapters, seperti PC Card didalam notebook atau palmtop, atau card di komputer desktop atau integrated didalam hand-held computer.Wireless LAN adapter menyediakan interface antara Client Network Operating System(NOS) dan aiiwave melalui antena.

Lebih jelasnya, cara kerja wireless LAN dapat di umpamakan seperti kerja modem dalam mengirim dan menerima data, ke dan dari internet. saat akan mengirim data, perlatan - peralatan wireless tadi akan berfungsi sebgai alat yang mengubah data digital menjadi sinyal radio. lalu saat menerima, peralatan tadi berfungsi sebgai alat yang mengubah sinyal radio menjadi data digital yang bisa di mengerti dan diproses oleh komputer.

Terminal
Definisi Dari Terminal Services?

Beberapa defini tentang Terminal Services adalah sebagai berikut:

1. Sebuah tool untuk memanage komputer dari jarak jauh "

2. Pengembangan dari sistem operasi Windows yang memungkinkan user untuk menjalankan sistem operasi dan aplikasi yang berjalan di Windows melalui terminal emulasi "

3. Merupakan fasilitas yang dapat di gunakan untuk memanfaatkan hardware dengan kemampuan rendah (lama) agar dapat menjalankan aplikasi terbaru"

4. Sebuah layanan yang digunakan untuk mengakses data, aplikasi sampai desktop Windows yang terdapat di sebuah Komputer/Server jarak jauh melalui sebuah jaringan"

Banyak orang yang memiliki deskripsi tersendiri tentang Terminal Services. "Trus mana dong dari pengertian di atas yang benar?"

Semua pengertian di atas adalah benar. Dengan beragamnya pengertian Terminal Services justru menunjukkan bahwa Terminal Service adalah sebuah Service/Tool yang populer serta sangat ampuh di dunia IT.

Cara Kerja Terminal Itu ? Dump Terminal mengirimkan data dan informasi lainya ke Mainframe dan selanjutnya Mainframe-lah yang akan melakukan proses, selanjutnya setelah selesai di proses Mainframe akan mengirimkan informasi yang telah di proses ke Dump Terminal kemudian akan memperbarui tampilan dari Dump Terminal.

 
Arsistekture terminal services

http://mugi.or.id/blogs/andiksusilo/archive/2009/01/04/terminal-services.aspx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar