Senin, 03 Desember 2012

CRM analysis dan data mining

1.   Masa depan CRM terletak pada pemanfaatan predictive analytics, yang membuat model berbagai skenario bisnis, dan meletakkan pondasi untuk melakukan perubahan secara efektif.  Apa fungsi dari data mining pada pemanfaatan CRM ?
Jawab : Dasarnya data mining dapat membuat ringkasan data,menganalisis asosiasi antar data,meng klasifikasi data, memprediksi, dan mengelompokkan data. Untuk membantu CRM  dalam  pengambilan keputusan. Data mining dan CRM analitik memungkinkan perusahaan mencari pola data bervolume besar dan sangat berguna bagi industri-industri yang memiliki banyak pelanggan, misalnya telekomunikasi, jasa keuangan dan ritel. Data ini bisa digunakan untuk mendapatkan informasi, dan memberi perusahaan pengetahuan dan pemahaman mengenai perilaku pelanggan mereka. Dengan menyandingkan kemampuan analisis dan prediktif dengan sistem operasi, perusahaan dapat membuat seperti model perilaku pelanggan guna mengembangkan targeted marketing. Juga, mengetahui seberapa besar profitabilitas seorang pelanggan guna menyesuaikan service level, produk dan layanan apa yang paling tepat diberikan.
 

2. Dalam UKM, dulu yang namanya feeling itu lebih dominan dalam pengambilan keputusan. Mengapa sekarang pengambilan keputusan berdasarkan feeling semakin berkurang dan lebih mengadalkan kekuatan CRM dalam pengambilan keputusan ?
Jawab :
Feeling atau insting dapat membuat kita salah dalam pengambilan keputusan dikarenakan biasanya tidak memakai semua data yang diperlukan dan tidak denagan perhitungan yang matang. Berbeda bila kita menggunakan CRM kita bisa mengambil keputusan yang benar berdasarkan kumpulan data yang valid dan lengkap, dan dapat dianalisis oleh sistem sehingga menghasilkan prediksi. Dengan CRM membuat kita mudah dalam melakukan pengambilan keputusan